
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam optimasi keyword menyangkut panjang-pendeknya keyword.
- short-tail keywords, memiliki peluang untuk dicari orang semakin banyak. Karena kebanyakan orang mencari hal-hal yang bersifat umum. Sehingga tingkat popularitas short-tail keywords itu tinggi. Namun, tingkat persaingan dari short-tail keywords juga tinggi.
- long-tail keywords, memiliki tingkat popularitas keyword yang rendah. Hal itu dikarenakan orang yang mencari dengan keyword yang panjang menginginkan hal yang spesifik. Namun, memiliki ketertarikan terhadap hal yang spesifik tinggi.
- Gunakan short-tail keywords pada website yang tidak berorientasi pada penjualan produk, namun lebih bersifat informatif saja. Website yang berisi informasi-informasi general juga bisa menggunakan short-tail keywords ini. Namun tentu persaingan sangat ketat, sehingga perlu tools SEO yang jitu.
- Gunakan long-tail keywords pada website yang berorientasi pada penjualan produk, dimana transaksi penjualan menjadi sangat penting. Website-website e-commerce cocok untuk menggunakan ini, terutama jika menggunakan wordpress sebagai media penjualan online.
Pada prinsipnya keyword apa saja mutlak digunakan dalam optimasi SEO, mengingat tingkat persaingan di internet pun semakin berkembang. Sehingga berpikirlah sebelum melakukan optimasi SEO, lakukan keyword research, dan gunakan tools SEO yang jitu untuk bisa mengalahkan kompetitor yang lain.