20 Okt 2011

Age of Empires III (The War Chiefs, The Asian Dynasties)


Di Blog ini mari kita berbagi informasi segala hal tentang Age of Empires III, termasuk expansionnya, The War Chiefs dan The Asian Dynasties. Disini, mari kita sharing tentang pendapat, informasi, unit pasukan, kerajaan, strategi, gameplay, guide, dll, dsb, dst...

Screenshoot






System Requirements :
CPU Pentium III 1,5 GHz
Memory 512 MB
VGA 64 MB DirectX 9.0c compatible
Sound Card DirectX 9.0c compatible
CD/DVD-ROM

Prolog
Age of Empires adalah salah satu game RTS legendaris yang dimainkan lewat PC. Seperti pendahulunya, Age of Empires, dan Age of Empires II, Age of Empires III ini menyajikan permainan strategi perang yang membutuhkan "kenaikan zaman" untuk membentuk teknologi yang lebih baik, dan tentunya membentuk pasukan yang lebih kuat.

Untuk permainan utama dalam single player, pemain mengunakan 1 karakter sebagai utusan kerjaan untuk menjelajah di benua baru Amerika. Tempat pertama kapal mendarat di Amerika Latin. Dengan membawahi pasukan, anda harus membangun koloni baru sebagai bangsa baru di benua tersebut.

Tetapi kalian tidak sendirian, karena dalam skenario pertama kalian akan berhadapan penjelajah dari negara lain dan bersaing serta berperang untuk mendapatkan tanah baru. Dan musuh lain dari penduduk amerika asli serta berperang melawan pembajak yang akhirnya menjadi teman kalian.

Seperti game strategy lainnya, membuat sebuah pasukan dibutuhkan sumber daya. Makanan, kayu dan emas menjadi dasar membangun sebuah koloni. Kalian harus mencari sumber tersebut dan digunakan untuk membuat koloni kalian semakin berkembang dan kuat. Dari dana yang kalian miliki, nantinya digunakan untuk membangun pasukan dengan total 200 orang untuk koloni.

Ada dua macam jenis permainan, Campaign dan Skirmish. Campaign adalah jenis permainan yang sifatnya mengikat. Kalian harus menyelesaikan misi yang ada untuk menamatkan permainan ini. Sedangkan Skirmish adalah versi "FreePlay" dari AoE3 ini. Kalian bebas memilih negara yang ingin kalian pakai, dan menentukan negara apa yang akan kalian jadikan sebagai rekan atau musuh. Tujuannya satu, yaitu menaklukkan musuh.

Overview

Ini adalah gambar yang akan muncul saat pertama kali menjalankan game. Disitu ada beberapa opsi yang bisa kalian pilih. Sekedar informasi, screenshot yang ada disini adalah dari komputer saya. Saya menggunakan Age of Empires III The Asian Dynasties, expansi terbarunya. Jadi kalau ada beberapa perbedaan dari gambar karena perbedaan versi game, maklum saja .



Kalian pilih menu Single Player, Skirmish. Kenapa Skirmish? Soalnya di sini saya akan membahas bagian Skirmish saja.


Bagi kalian yang baru pertama kali memulai permainan ini, kalian akan diminta untuk memasukkan nama kalian. Semacem Account gitu.


Terus pilih dulu negara yang ingin kalian mainkan. Di gambar ini saya memilih Spanish, soalnya untuk nyamain sama kalian yang belum punya expansi The War Chiefs, dan The Asian Dynasties. Lagipula Spanish negara yang cukup gampang dimainkan. Kalian bisa aja milih negara lain dengan cara klik gambar bendera, lalu pilih negara yang kalian mau. Disitu ada penjelasan tentang negaranya, dan ada beberapa kolom yang bisa kalian ganti atau isi seperti City Name atau Explorer Name. Biasanya bagian itu saya biarkan saja default. Kalian bisa juga memilih Game Type. Ada hal yang harus diingat, membuat satu negara sama saja seperti membuat satu ID! Lihat lagi tentang Game Type. Defaultnya adalah Supremacy, sebenarnya ada satu pilihan lagi yaitu Deathmatch. Jika kalian sudah membuat Supremacy, maka kalian hanya bisa memainkan itu saja, tidak bisa bermain secara Deathmatch. Kalau kalian mau, kalian bisa membuat lagi negara yang sama, atau negara yang berbeda, dengan Game Type Deathmatch.


Kalau sudah create, kalian bisa langsung main. Taadaa... Tapi nanti dulu, ada lagi yang harus kalian tahu. Saya back dulu ye...


Nah lihat! Ini Home City dari negara yang kalian buat. Nama kota Seville, nama explorer Tomas de Narvaez. Sama seperti yang ada di kolom sebelumnya. Levelnya kok level 10? Seharusnya dimulai dari level 1, tapi karena saya sudah menginstall expansi The Asian Dynasty, secara otomatis akan langsung menjadi level 10. Limit level adalah level 99. Selain itu ada menu khusus untuk Home City kalian.


Coba pilih Manage Home Cities, disitu ada create, select dan delete. Kalau memilih create, nantinya akan sama seperti pada awal permainan. Kalian bisa saja membuat Home City sendiri dengan negara yang sama misalnya, tapi dengan nama kota yang berbeda, Game Type yang berbeda, atau memilih negara lain. Soalnya ini seperti membuat ID. Kalau memilih select, kalian akan diperlihatkan beberapa Home City yang sudah dibuat sebelumnya. Kalian pilih salah satu untuk dimainkan. Untuk delete, kayaknya nggak usah di kasih tau deh .


Coba kalian buka menu Choose New Cards. Bagian ini adalah salah satu bagian unik dari game AoE3. Disini kalian bisa membuka jenis-jenis Shipment yang masih terkunci. Setiap Home City kalian naik 1 level, kalian diperbolehkan untuk membuka 1 Card yang masuih terkunci.


Kalau kalian masuk ke dalam menu tersebut, kalian akan melihat gambar seperti ini. Pertama saya pilih di bagian New World Trading Company. Ada tulisan "9 New Cards Available", berarti saya diperbolehkan membuka 9 macam Card yang masih terkunci. Di sebelah kanan ada kota-kotak bergambar, itulah Cardnya. Yang berwarna terang berarti kalian sudah membunyai Card yang itu. Yang berwarna biru, menunjukkan Card yang bisa kalian buka. Yang berwarna gelap berarti kalian belum memilikinya, atau untuk membukanya kalian membutuhkan persyaratan. Biasanya persyaratannya adalah kalian harus membuka Card di atasnya terlebih dahulu, bisa dilihat kan di setiap gambar ada garis-garis, semacam "akar" gitu. Card di New World Trading Company biasanya bersifat bantuan non-militer, seperti Settler tambahan, atau beberapa Resource.


Torre del Oro berisi bantuan yang sifatnya militer. Kalian bisa mendatangkan pasukan secara gratis, tergantung pasukan apa yang kalian pilih. Selain pasukan, beberapa diantaranya ada bantuan semacam Research peningkatan kekuatan militer kalian yang hanya bisa didapat lewat Home City ini. Kayaknya dua contoh udah cukup. Selebihnya sama aja sih....


Nah, coba kalian back dulu, lalu pilih menu Build a Deck. Ada tulisan "Available Deck", berarti Deck yang tersedia. Defaultnya adalah "My Deck", jadi kalian bisa saja membuat Deck baru, meng-copy, atau menghapus Deck. Dari sekian banyak Card yang kalian miliki, kalian hanya bisa menempatkan 21 macam saja dalam 1 Deck. Kalian lihat, ada juga tulisan New World Trading Company berarti menunjukkan beberapa Card dalam menu tersebut yang telah kalian pilih sebelumnya dan masih tersedia untuk diletakkan dalam Deck. Begitu juga kalau kalian memilih Torre del Oro, dan seterusnya.


Kalau kalian memilih menu Customize, nanti akan muncul gambar seperti ini. Nggak usah dibahas aja kali ya, secara fungsi yang ini nggak perlu amat kok. Cuma nambahin beberapa efek visual aja di Home City kalian.

Informasi Game
Berbeda dengan seri AoE sebelumnya, Aoe3 ini memiliki beberapa fitur baru yang tidak ada di dalam seri AoE sebelumnya. Beberapa fitur tersebut adalah Explorer, Home City, Shipment, XP Point, Treasure,, Trading Route dan adanya Native American Soldiers.

Explorer bisa juga disebut "hero" dalam permainan ini, biasanya digunakan untuk menjelajah. Memiliki kemampuan yang unik. Explorer ini tidak bisa mati, melainkan hanya pingsan jika HP Explorer habis. Selama pingsan Explorer tidak bisa bergerak. Explorer harus menunggu HPnya pulih kembali agar bisa berjalan lagi.

Home City adalah kota dari negara yang kalian pilih. Disini kalian bisa mendatangkan Shipment berupa teknologi, sumber daya, maupun pasukan. Semakin tinggi level negara, semakin banyak Shipment yang bisa kalian dapatkan.

Shipment adalah bantuan yang didapat dari Home City. Shipment bisa didapat dengan cara memperoleh XP. Jika XP mencukupi, maka kalian bisa mendapatkan Shipment. Shipment yang kalian inginkan bisa dipilih, tergantung apakah Shipment tersebut tersedia atau tidak.

XP Point adalah poin yang bisa digunakan untuk memperoleh Shipment. XP bisa didapat dengan cara membuat unit, pasukan, membangun bangunan, membunuh Treasure Guardian, membunuh unit musuh, dan menghancurkan bangunan musuh. Besar kecilnya XP yang didapat bervariasi. Cara-cara diatas adalah cara untuk mempercepat pendapatan XP. Sebenarnya XP akan bertambah dengan sendirinya, tetapi memakan waktu yang cukup lama.

Treasure, seperti namanya, Treasure adalah harta karun. Treasure bisa diambil oleh Explorer atau Villager. Beberapa Treasure dijaga oleh Treasure Guardian, dan Treasure tersebut hanya bisa diambil jika Treasure Guardian itu mati.

Trading Route adalah jalur perdagangan yang bisa dimanfaatkan sebagai pendapatan sumber daya dan XP. Trading Route ini adalah suatu jalur perdagangan yang setiap saatnya akan lewat pedagang yang bisa memberikan sumber daya atau XP tersebut. Kalian bisa mendapatkan keuntungan ini kalau kalian telah membangun sebuah Trading Post di beberapa titik yang ada di sepanjang jalur ini.

Native American Soldiers adalah pasukan tambahan yang berasal dari suku-suku yang ada. Di dalam sati map game ini, pasti ada beberapa pemukiman suku yang jika kalian membangun sebuah Trading Post di tempat tersebut, kalian akan bisa mendapatkan pasukan dan teknologi khusus yang hanya terdapat di suku tersebut.

Negara
Spanish, salah satu negara yang mudah untuk dimainkan. Memiliki jenis pasukan yang beragam. Keistimewaan dari negara ini adalah mampu mendatangkan Shipment lebih cepat daripada negara lainnya, karena regenerasi XPnya yang cepat. Pasukan terbaik yang dimiliki Spanish adalah Pikeman, Rodelero, Lancer.

British, memiliki kemampuan untuk membuat Settler lebih cepat daripada negara lain. British memiliki bangunan House yang berbeda dari negara lainnya yang disebut Manor House. Biaya Manor House memang lebih mahal, namun setiap selesai dibangun, akan muncul satu Settler. Pasukan terbaik yang dimiliki British adalah Musketeer, Hussar.

French, mempunyai Settler yang lebih kuat dari negara lainnya, yang disebut Courreur Des Bois. Karena kekuatannya, Courreur Des Bois dapat dianggap sebagai Light Infantry. Selain itu, Courreur Des Bois dapat mengumpulkan Resource lebih cepat. Pasukan terbaik yang dimiliki France adalah Skirmisher, Cuirassier.

Portuguesse, dapat mengembangkan koloni secara cepat pada awal permainan karena mendapatkan Covered Wagon (untuk membangun Town Center) di setiap perpindahan zaman, dimana normalnya Town Center hanya bisa dibangun pada zaman ke-3. Pasukan terbaik yang dimiliki Portuguesse adalah Musketeer, Dragoon.

Dutch, memiliki sistem ekonomi terbaik dari semua negara, karena mampu membangun Bank yang dapat menambah Coin secara otomatis dan terus-menerus. Jadi tidak perlu bersusah payah mencari persediaan Coin. Settler dibuat dengan menggunakan Coin. Pasukan terbaik yang dimiliki Dutch adalah Halberdier, Ruyter.

Russians, dapat membuat pasukan dalam jumlah besar secara cepat. Settler dan Invantry dibuat secara berkelompok sekaligus. Memiliki bangunan unik yang dinamakan Blockhouse, kombinasi dari Barrack dan Outpost. Pasukan terbaik yang dimiliki Russians adalah Grenadier, Cavalry Archer.

Germans, dapat mendatangkan pasukan Uhlan secara gratis dari setiap Shipment yang datang. Memiliki dua macam Settler yang berbeda, Settler dan Settler Wagon. Settler Wagon adalah Settler yang memiliki kemampuan mengumpulkan Resource tercepat dan terbaik dari semua Settler yang ada. Pasukan terbaik yang dimiliki Germans adalah Skirmisher, Uhlan.

Ottomans, dapat membuat Settler secara gratis secara terus-menerus. Dapat membuat pasukan artileri di awal permainan yang seharusnya hanya dapat dibuat pada zaman ke-3. Pasukan terbaik yang dimiliki Ottomans adalah Grenadier, Hussar.

Dapatkan Update Artikel RSS feed yang bermanfaat dari Saya, atau ikuti Saya di Twitter.
Email address:

0 komentar:

Posting Komentar